Visi & Misi

A. Visi SMK Bhakti Nusantara Boja
Mewujudkan tamatan yang memiliki profil pelajar pancasila, kompeten dalam bidang teknologi informatika, melanjutkan ke jenjang yang lebih tinggi dan berwirausaha.
Indikator Visi :
1. Profil pelajar pancasila artinya Beriman, bertakwa kepada Tuhan Yang Maha Esa, dan berakhlak mulia, serta mengaplikasikan kepercayaan tersebut dalam kegiatan belajar mengajar.
2. Kompeten artinya mampu membawa setiap peserta didik mencapai kemampuannya dalam bidang Teknologi Komputer dan Informatika serta mampu mengikuti perkembangan teknologi.
3. Bekerja artinya mendidik peserta didik untuk dapat terjun ke dunia industri dengan kompetensi yang dimilikinya.
4. Melanjutkan artinya mampu mengarahkan siswa yang mampu dan kompeten untuk melanjutkan ke jenjang yang lebih tinggi.
5. Berwirausaha artinya mendidik peserta didik sehingga memiliki kemampuan melihat dan menilai kesempatan bisnis, mengumpulkan sumber daya yang dibutuhkan guna mengambil keuntungan dan mengambil tindakan yang tepat untuk memastikan kesuksesan.

B. Misi SMK Bhakti Nusantara Boja
Untuk mewujudkan Visi tersebut di atas maka SMK Bhakti Nusantara Boja Kendal memiliki misi sebagi berikut:
1. Memberikan pelayanan dalam meningkatkan keimanan dan ketaqwaan bagi peserta didik.
2. Menumbuhkan sikap Berkebinekaan global, Bergotong-royong, Mandiri, Bernalar kritis dalam kegiatan belajar mengajar.
3. Membiasakan 5 S (senyum, salam, sapa, sopan dan santun), jujur, ibadah, ketertiban.
4. Mengoptimalkan pembelajaran kompetensi teknologi informatika.
5. Mengikuti kompetisi akademik dan non akademik.
6. Mengefektifkan Bursa Kerja Khusus.
7. Menjalin kerjasama dengan DU/DI
8. Menjalin kerjasama dengan pendidikan yang lebih tinggi.
9. Memberdayakan pembelajaran kewirausahaan.

C. Tujuan SMK Bhakti Nusantara
Tujuan SMK Bhakti Nusantara dalam proses pembelajaran untuk kemajuan pendidikan antara lain:
1. Peserta didik bisa mendapatkan pelayanan untuk mencapai keimanan dan ketaqwaan bagi peserta didik.
2. Memberikan layanan prima dalam pembelajaran yang berbasis kompetensi teknologi.
3. Mengoptimalkan pembiasaan dalam meningkatkan sikap dan perilaku peserta didik dengan membiasakan 5 S (senyum, salam, sapa, sopan dan santun) kepada semua peserta didik, guru, karyawan.
4. Mengefektifkan bisnis center, unit produksi dan pembelajaran kewirausahaan.
5. Memenuhi dan meningkatkan Sumber Daya Manusia yang profesional
6. Memenuhi dan mengoptimalkan sarana dan prasarana yang telah dimiliki, serta melengkapi yang belum ada.
7. Mengoptimalkan jejaring dengan Dunia Industri.

D. Tujuan Kompetensi Keahlian
Tujuan Kompetensi Keahlian Teknik Komputer dan Jaringan (TKJ) :
1. Meningkatkan kecerdasan yang bermartabat didasari azas kecakapan hidup di bidang Teknologi Informatika Teknik Komputer dan Jaringan (Networking Support).
2. Membekali peserta didik dengan sikap ketrampilan dan pengetahuan :
a. Peserta didik menerapkan Kesehatan, Keselamatan dan Keamanan Kerja dalam Lingkungan Kerja dengan percaya diri
b. Perakitan komputer, peserta didik dapat mengidentifikasi piranti komputer dan merakitnya dengan tanggung jawab.
c. Instalasi Sistem Operasi dan Aplikasi Komputer, peserta didik dapat menginstal beberapa sistem operasi dan mengisi komputer dengan aplikasi-aplikasi yang dibutuhkan dengan percaya diri.
d. Membangun jaringan komputer dan menganalisa berbagai macam kendala dan pengelolaan jaringan komputer dengan proaktif.
e. Mengadministrasi server dengan tanggung jawab.

Tujuan Kompetensi Keahlian Rekayasa Perangkat Lunak (RPL) :
1. Meningkatkan kecerdasan yang bermartabat didasari azas kecakapan hidup di bidang Teknologi Informatika Rekayasa Perangkat Lunak.
2. Membekali peserta didik dengan sikap ketrampilan dan pengetahuan :
a. Peserta didik menerapkan Kesehatan, Keselamatan dan Keamanan Kerja dalam Lingkungan Kerja dengan percaya diri
b. Logika dan Algoritma, peserta didik dapat berpikir logis dan memahami algoritma tingkat dasar dan tingkat lanjut dengan percaya diri.
c. Konsep basis data, peserta didik dapat memahami konsep dan menerapkan basis data dengan kehidupan sehari – hari dengan tanggung jawab.
d. Permodelan perangkat lunak, peserta didik dapat merancang model perangkat lunak dengan proaktif.
e. Pengembangan website dan aplikasi berbasis web dan perangkat bergerak dengan tanggung jawab.

Tujuan Kompetensi Keahlian Multimedia :
1. Meningkatkan kecerdasan yang bermartabat didasari azas kecakupan hidup di bidang Teknologi Informatika Multimedia
2. Membekali peserta didik dengan sikap ketrampilan dan pengetahuan :
a. Peseerta didik menerapkan Kesehatan, Keselamatan dan Keamanan Kerja dalam Lingkungan Kerja dengan percaya diri
b. Komputer dan jaringan dasar, peserta didik dapat mengidentifikasi pheriperal komputer dan instalasi dengan tanggung jawab.
c. Simulasi dan komunikasi digital, peserta didik dapat mensimulasi dan mengkomunikasi data digital dengan tanggung jawab.
d. Membangun design media interaktif dengan proaktif.
e. Pengembangan audio video dan perangkat bergerak dengan tanggung jawab.

Tujuan Kompetensi Keahlian Pengembangan Perangkat Lunak dan Gim (PPL Gim) :
1. Meningkatkan kecerdasan yang bermartabat didasari azas kecakapan hidup di bidang Teknologi Informatika Pengembangan Perangkat Lunak dan Gim.
2. Membekali peserta didik dengan sikap ketrampilan dan pengetahuan :
a. Peserta didik menerapkan Kesehatan, Keselamatan dan Keamanan Kerja dalam Lingkungan Kerja dengan percaya diri
b. Job Profile dan Technopreneurship, peserta didik dapat menjelaskan jenis-jenis profesi dan kewirausahan (job profile dan technopreneurship, personal branding serta peluang usaha di bidang industri Perangkat Lunak dan Gim, untuk membangun vision dan passion, dengan melaksanakan pembelajaran berbasis proyek nyata sebagai simulasi proyek kewirausahaan dengan proaktif.
c. Logika dan Algoritma, peserta didik dapat berpikir logis dan memahami algoritma tingkat dasar dan tingkat lanjut dengan percaya diri.
d. Konsep basis data, peserta didik dapat memahami konsep dan menerapkan basis data dengan kehidupan sehari – hari dengan tanggung jawab.
e. Pengembangan website dan aplikasi berbasis web, pengembangan game dan perangkat bergerak dengan tanggung jawab.